Sabtu, 10 Desember 2022

Buku Risalah Penyelenggaraan Janazah tentang Shalat Janazah

Ditulis ulang diberi penjelasan dengan dalilnya : H.Hasan Baseri  bin   H.Mhammad Baesih  bin  Ahmad Baderi bin Tanqir Ghaawa bin Muhammad bin Ibahim bin Abu bin Ahmad Shuhuf bin Muhammad Djamaluddin bin Bakar Abu Bakar Assegaf


اَلْاَوَّلُ صَلَاةُ الْجَنَازَة


SHALAT JANAZAH BAGI MAIT

Berkata ayahanda KH. Zarkasi Ansor dalam buku Risalahnya “Penyelenggaraan Janazah (Mait)” halaman 27 bahwa Mait ditelentangkan, kalau laki-laki kepalanya arah dikiri, Imam berdiri dipihak bahunya (mait), kalau perempuan kepala maitah arah dikanan, Imam berdiri dipihak pinggulnya (maitah). Kalau mait berada dalam peti, tutup petinya tetapi  jangan dipaku, kecuali kalau dishalatkan di dalam Masjid.”

Keadaan Imam berdiri ketika pelaksanaan shalat Janazah, telah berkata Al Ula’u bin Jiyad (اَلْعَلَاءُ بْنُ زِيَادٍ)  Anas ketika menshalatkan Janazah Abdullah bin Umar, ia berdiri dipihak kepalanya (bahu mait) dan ketika ia menshalatkan Adduhqan  (الدُّهْقَانْ) seorang perempuan Anshar, ia berdiri dipihak pinggulnya, Kemudian Anas bin Malik ditanya :

يَا اَبَا حَمْزَةَ (اَنَسٌ ابْنُ مَالِكٍ) هكَذَا كَانَ رَسُوْل اللهِ (ص) يُصَلِّيْ عَلَى الْجَنَازَةِ كَصَلَاتِكَ يُكَبِّرُ عَلَيْهَا اَرْبَعًا وَيَقُوْمُ عِنْدَ رَاْسِ الرَّجُلِ وَعَجِيْزَةِ الْمَرْاَةِ ؟ قَالَ نَعَمْ. رواه ابو داود

Hai Bapak Hamzah (Anas bin Malik) apakah demikian Rasulullah Saw shalat janazah seperti shalat engkau,  bertakbir atas shalat janazah itu sebanyak 4 kali, dan Imam berdiri dipihak kepalanya (bahu) bagi mait laki-laki, dan berdiri dipihak pinggulnya bila mait perempuan ? Jawab Anas “Ya, begitula (Rasulullah) HR. Sunan Abi Daud jld 2 hal 85.

        Kitab Subulus Salam jilid 2 hal 102 (سُبُلُ السَّلِامِ) menjelaskan bahwa  :

عَنِ الشَافِعى اَنَّهُ يَقِفُ حِذَاءَ رَاْسِ الرَّجُلِ وَعِنْدَ عَجِيْزَتِهَا لِمَا اَخْرَجَهُ اَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُ مِنْ حَدِيْثِ أنَسٍ : اَنَّهُ صَلَّى عَلَى الرَّجُلِ فَقَامَ عِنْدَ رَاْسِهِ وَ صَلَّى عَلَى الْمَرْاَةِ فَقَامَ عِنْدَ عَجِيْزَتِهَا

Imam Asy-Syafi’I mengamalkan dengan mengambil hadis Anas bin Malik yang dikeluarkan oleh Abu Daud dan At Tirmidzi bahwasanya ia menshalatkan janazah laki-laki berdiri dipihak kepalanya (bahunya) dan menshalatkan janazah perempuan ia  berdiri dipihak pinggulnya,

Di dalam kitab shahih Muslim (صحيح مسلم) jilid 2 halaman 664 dikatakan bahwa :

عَنْ سَمْرَةَ بْنِ جُنْدَبَ قَالَ صَلَّيْتُ وَرَاءَ النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى امْرَاَةٍ مَاتَتْ فِى نِفَاسِهَا فَقَامَ وَسَطَهَا (متفق عليه)

وَسَطُهَا اى حِذَاءُ وَسَطِهَا. قَالَ النَّوَاوي : السنَّةُ اَنْ يَقِفَ الْاِمَامِ عِنْدَ عَجِيْزَةِ الْمَيِّتَةِ,

Hadis riwayat dari Samrah bin Jundab, telah berkata ia,  : “Aku ikut menshalatkan janazah di belakang Rasulullah Saw atas seorang wanita (Ummu Kaab) yang telah meninggal dunia disuatu tempat. Nabi Saw berdiri ditengah-tengahnya (maitah) :HR Bukhari-Muslim.

Maksud ditengah-tengahnya yaitu “Dipihak pinggulnya”. Berkata Imam An Nawawi  : Sunnat bagi Imam shalat berdiri dipihak pinggulnya pada mait perempuan.

Keterangan : Jumlah jama’ah shalat janazah dan Jumlah shaf yang harus dibuat.

A, Jumlah jama’ah shalat janazah

Selanjutnya ayahanda KH. Zarkasi Ansor dalam buku Risalahnya “Penyelenggaraan Janazah (Mait)” Beliau  berkata bahwa “Hendaknya menshalatkan janazah (mait) itu minimal empat puluh orang laki-laki atau seratus orang” muslim yang sudah baligh, akan tetapi jumlah itu tidaklah wajib, hal demikian tetapi melihat situasi dan kondisinya. Imam Muslim meriwayatkan dua hadis sebagai berikut :

وَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهَمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ فَيَقُوْمُ عَلَي جَنَازَتِهِ اَرْبَعُوْنَ رَجُلًا  لَا يَشْرِكُوْنَ بِاللهِ شَيْئًا اِلَّا شُفَّعَهُمُ اللهُ فِيْهِ. رواه مسلم

Dari Ibnu Abbas RA berkata, aku dengan Rasulullah Saw bersabda : “Tiada ada dari pada seseorang laki-laki muslim yang meninggal dunia, maka berdiri (menshalatkan) atas janazahnya oleh empat puluh laki-laki (hal keadaan  laki-laki itu) tiada mensyarikatkan dengan Allah akan sesuatu malainkan memberi syafa’at oleh Allah pada janazah itu (dengan sebab  :

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مَيِّتٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلِغُوْنَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ لَهُ اِلَّا شُفِّعُوْا فِيْهِ. رواه مسلم (رياض الصالحين 411)

Artinya : Dari Aisyah RA telah berkata, telah bersabda Rasulullah Saw : “Tiada ada dari pada mait laki-laki yang dishalatkan  atas mait itu dari kaum muslimin yang sudah baligh sebanyak 100 orang, setiap dari mereka  memberikan syafa’at bagi mait itu, malainkan diberikan oleh mereka syafa’at pada mait.

B. Jumlah shaf yang harus dibuat.

Adapun Jumlah shaf yang harus dibuat ketika melaksanakan shalat janazah, ayahanda KH. Zarkasi Ansor berkata bahwa : “Sunat dibikin shaf menyembahyangkan  orang mati itu (menshalatkan mait), tiga shaf paling sedikitnya.”

Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi telah meriwayatkan hadis Rasulullah Saw :

وَعَنْ مَرْثَدَ بنِ عَبْدِالله  اليُّزَنِيِّ  قَالَ : مَالِكٌ اِبْنُ هُبَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : اِذَا صَلَّى عَلَى الْجَنَازَةِ فَتَقَالَ النَّاسَ عَلَيْهَا جَزَّاهُمْ ثَلَاثَةَ اَجْزَاءٍ ثُمَّ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ ثَلَاثَةُ صُفُوْفٍ فَقَدْ اَوْجَبَتْ (رياض الصالحين 411)

Berkata Marsad bin Abdullah al Yajani, Shahabat Nabi Saw yang bernama Malik bin Hubairah RA : “Ketika ia menshalatkan atas janazah, orang-orang ketika itu membenci (mencela perbuatan)  mait itu, Lantas Malik membagi jama’ah (shalat) janazah itu 3 shaf, Kemudian ia berkata kepada jama’ah : Rasulullah Saw telah bersabda :

مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ ثَلَاثَةُ صُفُوْفٍ فَقَدْ اَوْجَبَت

Barangsiapa menshalatkan atas janazah 3 shaf maka sungguh baginya (mait mendapat sorga)

C. RUKUN SHALAT JANAZAH  ADA 7 PERKARA

1.   Niat

اَللهُ اَكْبَرُ

لِلَّهِ تَعَالَى

اِمَامًا = مَؤْمُوْمًا

اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ

عَلَى هذَا الْمَيِّتِ

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْكِفَايَةِ

اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ

عَلَى هذَا الْمَيِّتِ

Mait lk. dewasa

Sda

Sda

Sda

Sda

عَلَى هذِه الْمَيِّتَةِ

Mait pr dewasa

Sda

Sda

Sda

Sda

عَلَى هذَا الْمَيِّتِ الطِّفْلِ

Mait anak laki 2

Sda

Sda

Sda

Sda

عَلَى هذِه الْمَيِّتَةِ الطِّفْلَةِ

Mait anak wanita


2.   Empat Kali Takbir

3.   Berdiri betul

4.   Membaca Al Fatihah sesudah takbir pertama

 

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ, الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, مَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ, اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ, اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْنَ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ  عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ, آمِيْنَ !

5.   Membaca Shalawat sesudah takbir Kedua


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

6.   Membaca Do’a sesudah takbir Ketiga

7.   Mengucap Salam pertama

 

Do’a sesudah takbir Ketiga :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ Untuk Laki-laki=             

 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا  Untuk Wanita=

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ, وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ, وَاغْسِلْهُ بالْمَاءِ الثَّلْجِ وَالْبَرَدِ, وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْاَبْيَضِ مِنَ الدَّنَسِ, وَاَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ, وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ, وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ, وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ.

Ayahanda KH. Zarkasi Ansor berkata bahwa : “Kalua kanak-kanak tambahi membaca do’a ini :

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِاَبَوَيْهِمَا سَلَقًا وَذُخْرًا وَعِظَمَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا وَاَفْرِغِ الصًّبْرَ عَلَى قُلُوْبهِمَا وَلَا تَحْرِمْهُمَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُمَا وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ

Kemudian  Takbir yang ke Empat, sunnat membaca do’a  :

اَللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.

قَالَ اَبُوْ عَلِيٍّ اِبْنُ اَبِيْ هُرَيْرَةَ مِنْ اَصْحَابِنَا : كَانَ الْمُتَقَدِّمُوْنَ يَقُوْلُوْنَ  فِى الرَّابِعَةِ : رَبَّنَا اتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاخِرَةِ حَسَنَةً وّقِنَا عَذَابَ النَّارِ,

SALAM PADA SHALAT JANAZAH

Ucapan salam berbunyi : اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ  sesudah baca do’a di takbir ke empat pada shalat janazah adalah Mu’tamat (pendapat terkuat) tidak ditambah kalimat : وًبَرَكَاتُهُ yaitu mengucap salam kekanan dan salam ke kiri berbunyi  : اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ  

Diantara alasan-alasanya :

1.   Menurut Kitab Fiqih Al Bajuri (الْبَجُوْرِى) Jili I halaman 158

2.   لَفْظْ السلام: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ, وَلَا يُنْدَبُ هنَا عَلَى الْمُعْتَمَدِ وَكَذَا فِى صَلَاةِ الْجَنَازَةِ  عَلَى الْمُعْتَمَدِ اَيْضًا

3.   Menurut Kitab Fiqih Nihayatut Zein (نِهَايَةُ الزِّيْنِ) halaman 73

لَفْظْ السلام: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ, وَلَا تُسَنُّ زِيَادَةٌ وًبَرَكَاتُهُ عَلَى الْمُعْتَمَدِ

4.   Menurut Kitab Fiqih Farukunan Besar Abdurrahman berbunyi :

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ  dia tidak menyebutkan kata tambahan pada salam pada shalat Janazah yakni : وًبَرَكَاتُهُ

5.   Menurut Kitab Fiqih Al Azdkar (اَلْاَذْكَارُ)karangan Imam Nawawi halaman 145.

وَاِذَا فَرَغَ مِنَ التَّكْبِرَاتِ وَاَذْكَارِهَا سَلَّمَ تَسْلِيْمَيْنِ كَسَائِرِ الصَّلَوَاتِ.

وَاعْلَمْ اَنَّ اَلْاَكْمَلَ فِى السَّلَامِ  اَنْ يَقُوْلَ عَنْ يَمِيْنِهِ "اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ" وَعَنْ يُسَارِهِ   "اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ" لَا يُسْتَحَبُّ اَنْ يَقُوْلَ مَعَهُ وًبَرَكَاتُهُ, لأنَّهُ خِلَافُ الْمَشْهُوْرِ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَاِنْ كَانَ قَدْ جَاءَ فِى رِوَايَةٍ لِاَبِيْ دَاوُدَ,

Menurut Sunan Abu Daud Jilid I halaman 238 Salam shalat dan shalat Janazah ditambah dengan kata wabarakatuh.

1.   Berikut hadis Nabi Saw riwayat Al Qamah :

عَنْ عَلْقَمَةَ بنِ وَائِلٍ وَعَنْ اَبِيْهِ قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النََبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فَكَانَ يُسَلَّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ "اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وًبَرَكَاتُهُ " وَعَنْ شِمَالِهِ   "اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وًبَرَكَاتُهُ "

2.   Menurut Kitab Fiqih I’anah Thalibin (اِعَانَةُ الطَّالِبِيْنَ) Jilid I halaman 177 salam pada shalat Janazah ditambahi kata “Wabarakatuh” yaitu :

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وًبَرَكَاتُهُ.

وًبَرَكَاتُهُ اى فَلَا يُقْرَنُ كُلٌّ مِنَ الْتَّسْلِيْمَيْنِ بِهَا, وَقَوْلُهُ عَلَى الْمَنْقُوْلِ فِى غَيْرِ صَلَاةِالْجَنَازَةِ اى امَا فِيْهَا فَتُسَنَّ زِيَادَتُهُ كتب سم مانصه قَوْلُهُ اِلَّا فِى الْجَنَازَةِ كَذَا قِيْلَ وَيُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِ الْمُصَنِّفِ فِى الْجَنَازَةِ كَغَيْرِهَا عَدَمُ زِيَادَةِ وًبَرَكَاتُهُ فِيْهَا,

3.   Menurut Kitab Farukunan Besar Karangan H.Abdurrasyid al Banjari halaman 19, harus pada shalat Janazah sahaja dimambahi dengan kalimat “Wabarakatuh” yaitu ketika salam ke kanan dan salam ke kiri.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وًبَرَكَاتُهُ

Keterangan :

Kalau mait itu jauh, yang tidak dapat mendatanginya atau dalam negeri jua tetapi tidak dapat mendatanginya, karena sakit, maka boleh shalat ghaib.

اُصَلِّى فَرْضَ الْكِفَايَةِ عَلَى الْمَيِّتِ الْغَائِبِ  .... بن .... اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Kushalatkan fardu kifayah atas mait yang ghaib ……. Bin/binti ………empat takbir karena Allah Ta’ala.

Dan seterusnya ……….

Dibolehkan shalat mait yang sudah dikuburkan, sekalipun sudah lama, asal sewaktu mait itu meninggal, yang mensalatkan itu sudah balig. _____

Apabila mait itu sudah disalatkan, kemudian dibawa kesebuah negeri akar dikuburkan disana, kemudian akan disalatkan pula, sebaiknya dikuburkan dahulu, baru disalatkan dikubur. Andaikata mait itu bernajis  boleh disalatkan karena jadi suci berhubung/terhubung dengan tanah. Kalau tidak dikuburkan mait bernajis, tidak sah disalatkan. Kalau dibasuh memperlambat mait dikuburkan, padahal disuruh menyegerakan menguburkan mait.

Terima dari ayahda KH. Zarkasi Ansor, Jum’at, 10 Desember 1993M Jam 01.15 wita di Rumah Ds. Kr. Jawa Muka. Buku Risalah ttg Penyelenggaraan Janazah. Yang Beliau  baru selesai tulis dengan tangan sendiri ttg, 28 November 1993M. Beliau wafat 1996M, kemudian Senin, 1 Juni 2020 aku tulis ulang dan aku beri penjelasan dengan dalilnya :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A.Historis dan Nasab Dzuriat Datu Habib Lumpangi

  Oleh H.Hasan Basri,S.Ag bin H.M.Barsih Assegaf NASAB AHLU ALBAIT NABI BESAR MUHAMMAD SAW IBN ABDULLAH IBN ABDUL MUTHALIB DARI KELUARGA A...